Tuesday 25 February 2014

PERILAKU INDIVIDU DALAM ORGANISASI

Perilaku Individu Dalam Organisasi
     Manusia adalah satu-satunya yang merupakan sumber utama dari sebuah organisasi dan tidak bisa digantikan oleh apapun, bagaimanapun baiknya organisasi lengkapnya sarana dan fasilitas kerja semuanya tidak akan memiliki arti tanpa masnusia yang mengatur, menggunakan dan memeliharanya. ungkapan manusia yang dibelakang meja atau manusia yang menggunakan senjata cukup memberikan keyakinan betapa pentingnya manusia dalam suatu organisasi


Berusaha Mengerti Mribadi Pegawai

Dalam setiap bentuk usaha pimpinan harus mengetahui dan mengerti setiap tindakan para pegawainya. perkembangan kepribadian manusia ada 3 teori pengembangan yang utama :
a. Teori  Psiko Analitik (Psiko Analitical Theory)
b. Teori Sifat atau Pranen (Trait Theory)
c. Teori Kebutuhan (Need Theory)

Teori Psiko Analitik
Dikemukakan oleh Sigmun Freud untuk dapat memahami kepribadian seseorang, kita harus dapat melihat kedalam dirinya.
Teori Sifat atau Pranen
Menurut teori ini kepribadian seseorang selalu tetap dan tidak berubah atau sulit berubah oleh karena itu mudah sekali memperkirakan perilaku seseorang, sifat dan peranan seseoranglah yang membedakannya dengan orang lain.
Teori Kebutuhan
Teori ini dianggap memberikan bantuan untuk lebih mengerti tentang kepribadian seseorang. teori tingkat kebutuhan meliputi : Teori hirarki kebutuhan adalah teori yang kita kenal sebagai teori maslow atau disebut juga teori motivasi dalam membangun teori hirarki kebutuhan yang bersifat deduktif maslow bertitik pada tiga fungsi pokok, yaitu :

  1. Manusia adalah mahluk yang selalu berkeinginan, keinginan mereka selalu tidak pernah terpenuhi seluruhnya
  2. kebutuhan atau keinginan yang sudah terpenuhi tidak akan lagi menjadi pendorong
  3. Kebutuhan manusia tersusun menurut hirarki tingkat pentingnya alat pemuas kebutuhan