Tuesday 26 August 2014

ALPEKA BOS SMP TAHUN 2014

Pelatihan Bendahara BOS Hotel Batu Permai
     Pada Tanggal 7 Juli 2014 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Mengadakan Bintek Bendahara BOS dari setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa timur 

Pada pelatihan tersebut membahas tentang bebepara materi tentang BOS Online dan Aplikasi untuk memudah dalam pembuatan Format BOS K-1, BOS K-2 -BOS K-7a.
Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tentang beberapa aplikasi untuk mempermudah teman-teman Bendahara BOS. pertama-tama silahkan unduh Aplikasi Alpeka BOS tahun 2014 dibawah ini,


disarankan Laptop yang digunakan menggunakan Ms. Word 2010. karena aplikasi ini hanya support pada Ms. Word 2010. ketika anda menggunakan Ms. Word 2007 maka yang terjadi aplikasinya adalah Stopped Working "Tidak Bekerja Brow hehehe" alias lemmot.

Untuk Aplikasi Alpeka BOS silahkan Unduh Disini
 https://drive.google.com/file/d/0ByPIXEqDqSsrMC1iMmJsRTZSQlU/edit?usp=sharing

setelah anda mendownload file diatas maka yang perlu anda lakukan adalah membuat forder baru bada direktori D:/New Forder"NAMA SEKOLAH MASING-MASING" taruh disitu file Exelnya. buka file exelnya maka akan muncul layar perti dibawah ini.
Isilah Profil sekolah masing-masing kemudian Save seteleh itu pilih menu Back Pada Pojok kiri atas untuk kembali ke menu utama untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
kemudian isi program sekolah sesuai dengan kegiatan yang ada disekolah masing-masing yang didanai oleh Dana BOS untuk contoh screenshotnya seperti dibawah ini,
setelah itu pilih GENERATE yang terletak pada menu awal aplikasi Alpeka BOS tahun 2014, maka setelah itu akan keluar file dengan nama "BOS 2014 - NAMA SEKOLAH - DATA" file hasil ganarate secara otomatis masuk pada folder temapat penyimpanan aplikasi alpeka BOS yang kita buat pada langkah awal tadi for example

buka file yang bernamakan "BOS 2014 - NAMA SEKOLAH - DATA", terdapat beberapa shet dalam aplikasi tersebut yang pertama shet Rencana Terima, pada shet tersebut isilah dengan rencana penerimaan dana BOS yang diterima sesuai dengan RKAS yang telah kita buat atau yang telah kita rencakan dalam 1 semester, pada shet kedua adalah Rencana Keluar dimana pada shet ini tidak jauh beda pengisiannya seperti pengisian format BOS K-2 yaitu pengisian berdasarkan triwulan. sedangkan pada shet ke 3 adalah shet Realisasi Terima dimana shet ini silahkan isi sesuai dengan pernerimaan dana BOS pada bank berarti Buka buku rekening deh hehehehe....., sedangkan yang terakhir adalah shet adah shet Realisasi Keluar, pada shet ini sebenarnya secra tidak langsung kita mengerjakan format BOS K-3 atau yang disebut Buku Kas Umum,  setelah semua pengisian peshet selesai jangan lupa di save dulu baru di close :)

setelah itu kita buka lagi aplikasi Alpeka, pilih menu LAPORAN KEUANGAN yang ingin anda cetak. dalam menu laporan keuangan kita bisa secara langsung mencetak format BOS K-1, BOS K-2, BOS K-3 sampai BOS K-7a untuk panduannya dalam bentuk Powerpoint anda bisa unduh disini.