Thursday 14 August 2014

SABILUS SALIKIN PONPES NGALAH

Kitab Sabilus Salikin Ponpes Ngalah
SINOPSIS 
      Menurut Ibnu Arabi perbedaan-perbedaan yang ada hanya suatu sarana manifestasi eksistensi Tuhan. Pada dasarnya semua bertolak dari misi yang sama yaitu keharmonisan, cinta dan kasih sayang yang merupakan amanat Tuhan pula.
Tidak semudah membalikkan telapak tangan, pancaran caha tasawuf (ma'rifatullah) akan didapatkan, namun paramutashawwifah (ahli tasawuf) perlu menempuh tahapan-tahapan spiritual (maqamat ruhiyyah).
Tahapan-tahapan spiritual seperti tobat, wara'zuhudfaqr, sabar, tawakal dan syukur bisa digapai melalui bermacam-macam ibadah, mujahadahdan riyadhah serta menyerahkan segenap jiwa dan raga sepenuhnya kepada Allah Swt.
Ketika seorang sufi mencapai salah satu tahapan tersebut, maka akan mengalami ahwal, yaitu keadaan pengalaman spiritual dalam mengintropeksi jiwa (muhasabah al-nafs) sebagaimana dijelaskan oleh al-Qusyaeri (w-465 H) dalam Kitab al-Risalah dengan menjelaskan setiap bab, seperti bab al-Muraqabah (kedekatan), al-Mahabbah (cinta), al-Khauf (segan),ar-Raja (optimis), as-Syauq (kerinduan), al-Uns (harmoni), al-Musyahadah (persaksian) dan al-Yaqin (keteguhan) dan lain sebagainya.
Praktek menjalankan ajaran Islam seperti ibadah, riyadhah secara hati-hati dan sungguh-sungguh dengan melewatimaqamat yang telah disebutkan diatas, merupakan bentuk tharîqah (jalan) untuk menggapai pancaran cahaya tasawwuf(ma’rifatullah). Thariqah dapat berfungsi untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan nafsu serta sifat-sifatnya, dan menjauhkan hal yang tercela serta mengamalkan yang terpuji. Dengan demikian, tharîqah menjadi sangat penting bagi umat Islam yang ingin mensucikan hati dari sifat-sifat kebendaan dan mengisi hati dengan zikir, muraqabah dan musyahadah kepada Allah Swt,.
Buku yang ada di tangan pembaca ini sangat penting untuk kita pelajari karena merupakan referensi bacaan yang sangat lengkap dalam membahas ilmu tasawwuf dan macam-macam tharîqah. Oleh karena itu, saya menyambut baik atas kehadiran buku ini. Semoga apa yang telah dilakukan oleh penulis menjadi manfaat bagi dirinya dan bagi umat Islam secara keseluruhan.
LIHAT KITAB SABILUS SALIKIN klik disini>


DOWNLOAD KITAB SABILUS SALIKIN